Kejurnas Panjat Tebing 2018 - Sempat Terpeleset, Aspar Jaelolo Raih Emas di Speed Track Putra

By Any Hidayati - Minggu, 2 Desember 2018 | 13:15 WIB
Atlet panjat tebing DKI Jakarta, Aspar Jaelolo, saat tampil di Kejurnas Panjat Tebing 2018 di Kompleks Manahan Solo pada Minggu (2/12/2018). (ANY HIDAYATI/BOLASPORT.COM)

Atlet DKI Jakarta yang juga anggota pelatnas Indonesia, Aspar Jaelolo, meraih medali emas Kejurnas Panjat Tebing 2018 dalam nomor speed track putra pada Minggu (2/12/2018) di Kompleks Manahan, Solo.

Aspar mengalahkan wakil Yogyakarta, Argo Satrio Utomo, di babak perebutan medali emas dengan catatan waktu 6,441 detik atau unggul 0,229 detik atas sang rival.

Pada partai final ini, Aspar beberapa kali terpeleset tetapi langsung kembali menemukan ritme permainan dan mencatatkan waktu tercepat.

"Gerakan kuncinya saya kan sudah tahu dan bagus. Tinggal mengatur ritmenya sehingga bisa tetap cepat," kata Aspar Jaelolo kepada media.

Peraih medali perunggu Asian Games 2018 tersebut mengaku sudah cukup lama tidak bermain di kategori speed track sehingga masih ada adaptasi di Kejurnas Panjat Tebing kali ini.

Terakhir kali Aspar menjajal speed track adalah Kejurnas tahun lalu, di Yogyakarta, yang mana ia juga berhasil meraih medali emas di sana.

Baca Juga:

Meski kembali meraih medali emas, Aspar mengaku belum puas karena catatan kejurnas kali ini bukan merupakan terbaik darinya.

"Rekor saya [di speed track] itu empat detik. Di PON 2016 dan kejurnas 2017 ya hampir empat detik. Tapi, saya tetap senang bisa mendapatkan emas," kata Aspar lagi.