Cerita Christine Girard yang Kalahkan Atlet Pengguna Doping secara Bersih

By Bayu Nur Cahyo - Selasa, 4 Desember 2018 | 23:07 WIB
Momen ketika Christine Girard merayakan medali emas Olimpiade London 2012 dan medali perunggu Olimpiade Beijing 2008, di Jepang, Senin (3/12/2018). (ADRIAN WYLD/THE CANADIAN PRESS)

Semangat juang sekaligus sportifitas atlet angkat besi putri dari Kanada, Christine Girard, sukses menghasilkan penghargaan.

Christine Girard yang berjuang demi olahraga yang "bersih" mendapat sorotan dunia.

Christine Girard baru saja mendapatkan medali emas pada Senin (3/12/2018) yang seharusnya didapat pada Olimpiade London 2012 lalu.

Dia juga mendapatkan medali perunggu dari ajang Olimpiade Beijing 2008 setelah saat turnamen berlangsung hanya menghuni peringkat keempat.

Penghargaan yang diterima belakangan terjadi karena rival-rival Girard yang awalnya berhak memiliki medali-medali tersebut didiskualifikasi karena kasus doping.

(Baca juga: Telat 10 Tahun, Atlet Angkat Besi Ini Baru Rayakan Medali Olimpiade 2008 dan 2012)

Girard yang mendapat penganugerahan medali di Ottawa, Kanada, pun memberikan komentarnya.

"Saya punya waktu untuk memahami dan sekarang saya mengerti akan pesannya," kata Girard yang dikutip BolaSport.com dari Sportsnet.

"Jika saya bisa bicara kepada anak kecil usia 8 tahun yang tak percaya bahwa ada kemungkinan menang dengan cara bersih, maka (tinggal) perlihatkan medali saya," ujar dia.

Lebih lanjut, Girard juga ingin mengajari anak-anak tentang pentingnya bertanding secara sportif dan bersih tanpa menggunakan obat-obatan terlarang.