Selain PNS, Tekuni Strong by Zumba Bisa Jadi Pilihan Karier Atlet Setelah Pensiun

By Delia Mustikasari - Rabu, 5 Desember 2018 | 17:54 WIB
Mantan karateka nasional, Umar Syarief. (ISTIMEWA)

Mantan karateka nasional, Umar Syarief, kini memilih mempromosikan strong by zumba dengan menjadi instruktur.

Umar Syarief berharap bahwa kegiatan sebagai instruktur strong by zumba bisa menjadi pilihan karier setelah pensiun.

"Saya ingin menginspirasi para atlet yang sudah pensiun, bahwa banyak kegiatan yang bisa dilakukan dan bisa menjadi pilihan hidup," ujar Umar ditemui BolaSport.com di Jakarta beberapa waktu lalu.

Awalnya, Zumba yang merupakan sebuah perusahaan fitnes dan ingin mengembangkan latihan heat training berbeda dari yang sudah ada di dunia.

Zumba selanjutnya memanggil sembilan orang ahli, salah satunya Ai Lee yang merupakan istri Umar Syarief.

"Seminggu mereka ditempa dalam manajemen dan edukasi. Istri saya dianggap paling cocok mengajarkan strong by zumba karena dia juga mantan atlet karate, juara dunia, dan instruktur yoga," ucap Umar.

"Dari situ saya mulai tertarik. Tetapi, saat iru saya lagi persiapan PON 2016. Saya katakan kepada istri kalau saya tertarik. Mungkin setelah pensiun, itu bagus karena saya ingin menginspirasi yang lain," aku Umar.

Umar selanjutnya membuat lamaran menjadi instruktur dan menyertakan video kepada tim edukasi Zumba.

"Saya memilih menjadi instruktur strong by zumba setelah menjalani operasi sebanyak delapan kali dan ini sesuatu yang lain. Sekarang saya bisa menginspirasi ke orang bagaimana soal konsep ini presentasi. Ini suatu tantangan buat saya setelah belajar presenting. Seiring berjalannya waktu, semua bisa saya lakukan," tutur Umar.