Pelatih Ini Mundur dari Timnas Bulu Tangkis Malaysia dalam 10 Hari

By Delia Mustikasari - Sabtu, 22 Desember 2018 | 12:29 WIB
Pelatih bulu tangkis Malaysia, Zhou Kejian. (THE STAR)

Pelatih sektor tunggal, Zhou Kejian menjadi orang kelima yang mundur dari timnas bulu tangkis Malaysia dalam 10 hari.

Pekan lalu, Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) mengumumkan bahwa pihaknya tidak memperpanjang kontrak beberapa pelatih.

Mereka adalah Cheah Soon Kit (ganda putra), Rony Agustinus (tunggal putri), Sairul Amar Ayob (tunggal putra) dan Lim Pek Siah (ganda putri). Kontrak mereka berakhir pada 31 Desember 2018.

Meskipun mengalami goncangan, Ketua Komite Kepelatihan BAM, Datuk Ng Chin Chai tetap tenang.

Dia mengatakan bahwa keluarnya Zhou yang merupakan kelahiran China dari Sekolah Olahraga Bukit Jalil (BJSS) dan empat pelatih nasional diperlukan untuk menjaga tim yang ramping untuk 2019.

Ng juga mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk merekrut pelatih baru, baik lokal maupun asing.

"Kami telah melakukan degradasi pemain dan itu merupakan sesuatu yang wajar ketika kami melakukan hal yang sama dengan para pelatih. Itu bukan sesuatu yang harus kami khawatirkan," ucap Ng.

"Kami tidak berencana membawa pelatih baru. Kami memiliki 12 pelatih di tim nasional dan itu sudah cukup. Kami ingin fokus pada pemain dan pelatih berkualitas menuju periode kualifikasi Olimpiade (mulai Mei 2019)," katanya.

Kepergian Soon Kit tidak mengejutkan karena diketahui bahwa mantan pemain yang turut mengantar Malaysia meraih Piala Thomas telah kehilangan kepercayaan dari pemain ganda.