Kepada Kepala Bekraf, Jokowi Minta Dibuatkan Kompetisi E-Sport Bertajuk Piala Presiden

By Nugyasa Laksamana - Senin, 24 Desember 2018 | 00:21 WIB
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menghadiri acara diskusi terkait esport, di kawasan Raden Saleh, Cikini, Jakarta, Minggu (23/12/2018). (NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM)

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengungkapkan kisah menarik yang berkaitan dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan dunia E-sport.

Kisah itu dinyatakan Triawan Munaf saat menghadiri acara diskusi bertajuk "Games Sebagai Peluang Usaha dan Profesi untuk Generasi Milenial" di kawasan Raden Saleh, Cikini, Jakarta, Minggu (23/12/2018).

Menurut Triawan, Jokowi pernah tiba-tiba menghubunginya pada malam hari untuk menggencarkan dunia esport di Tanah Air.

"Pak Jokowi ngomong ke saya, 'Pak Triawan, tolonglah dibuatkan kegiatan E-sport'. Tentu ini menarik sekali, karena sekelas presiden saja sudah mulai memikirkan E-sport," ujar Triawan.

(Baca juga: Besarnya Peluang Usaha dan Profesi Dunia E-Sport bagi Kaum Milenial Indonesia)

Jokowi, kata Triawan, meminta Bekraf untuk membuat sebuah kompetisi E-sport yang nantinya dinamakan Piala Presiden.

Triawan pun berjanji pihak Bekraf akan segera merumuskan konsep kompetisi tersebut dan rencananya bakal digelar pada 2019 mendatang.

"Saya sampai dua kali ditelepon Pak Jokowi untuk membahas masalah E-sport," tutur Triawan.

Triawan menilai hal tersebut sebagai bukti bahwa pemerintah, khususnya Jokowi, sudah mulai mengakui E-sport sebagai salah satu industri yang menjanjikan.

Sejauh ini, Bekraf sudah berupaya menggencarkan E-sport dalam kegiatan bertajuk Game Prime yang pada Juli 2018 lalu digelar di Balai Kartini, Jakarta.