Korea Utara dan Selatan Akan Kirim Tim Gabungan dalam 3 Cabor pada Olimpiade Tokyo 2020

By Delia Mustikasari - Selasa, 25 Desember 2018 | 19:24 WIB
Tim perahu naga putri Korea Bersatu berpose setelah meraih medali emas nomor 500 meter Asian Games 2018 pada Minggu (26/8/2018) di Danau Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan. (ANY HIDAYATI/BOLASPORT.COM)

Korea Utara dan Selatan sepakat untuk menurunkan tim gabungan dalam tiga cabang olahraga pada Olimpiade Tokyo 2020.

Menteri Olahraga Korea Selatan Do Jong-hwan mengatakan bahwa Korea bersatu akan tampil dalam cabang olahraga bola basket putri, kano, dan dayung.

Seperti dilansir BolaSport.com dari Insidethegames, Do mengatakan bahwa tim Korea bersatu juga berpeluang dibentuk dalam tim tenis meja, judo, dan cabang olahraga lainnya.

Tetapi, belum dijelaskan bagaimana cara tim gabungan Korea akan lolos kualifikasi ke Tokyo.

Rencananya, Komite Olimpiade Internasional (IOC) kemungkinan akan menjadi fasilitator bagi kedua negara tersebut.

Kedua negara yang secara teknis masih berperang sedang dalam pembicaraan tentang kemungkinan penawaran bersama menjadi tuan rumah untuk Olimpiade musim panas dan Paralimpiade 2032.

Presiden Korea Utara Kim Jong-un membuat pengumuman mengejutkan pada 1 Januari bahwa negaranya akan siap untuk bersaing di Olimpiade Musim Dingin 2018 Pyeongchang, Korea Selatan.

Sebanyak 22 atlet dari Korea Utara akhirnya ambil bagian setelah pertemuan empat partai yang dipimpin IOC di Lausanne, Swiss pada 20 Januari yang juga melibatkan Korea Selatan dan penyelenggara Olimpiade.

Kedua negara Korea akhirnya berbaris bersama pada upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018, termasuk tim hoki es putri.