Soal Kisruh Bonus Salah Satu Pelatih, NPC Sudah Rencanakan Perombakan

By Bayu Nur Cahyo - Jumat, 28 Desember 2018 | 18:37 WIB
Rima Ferdianto yang mewakili Waluyo selaku Kabid Binpres NPC saat memberi klarifikasi kepada pers soal dugaan penyelewengan dana bonus Asian Para Games 2018, pada Jumat (28/12/2018). (DODDY WIRATAMA/BOLASPORT.COM)

Perwakilan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia menjelaskan perihal dana bonus yang diterima oleh salah satu pelatih Asian Para Games 2018.

Sebelumnya, Puspita Mustika Adya, selaku pelatih pelatnas paracycling Asian Para Games 2018 sempat mengaku bahwa dia tidak mendapatkan bonus seperti yang dijanjikan pemerintah.

Dia mengaku seharusnya mendapatkan bonus setidaknya Rp 675 juta, tetapi hanya mendapatkan Rp 137,5 juta.

Sempat beredar berita bahwa Puspita Mustika Adya juga seharusnya mendapatkan setidaknya Rp 1,4 miliar lantaran dia sudah membantu atlet paracycling meraih 1 medali emas, 8 medali perak, dan 8 medali perunggu.

Namun, Rima Ferdianto yang mewakili Waluyo selaku Kabid Binpres NPC memberikan pernyataannya soal berita tersebut.

(Baca juga: Merasa Bersalah, Jon Jones Berkeliling untuk Minta Maaf soal Pemindahan Laga UFC 232)

"Dana Kemenpora terbatas dan tidak bisa mengakomodir semua pelatih NPC," tutur Rima di acara konferensi pers yang digelar pada hari Jumat (28/12/2018).

Atas keterbatasan dana tersebut, pihak NPC sebenarnya sudah memberitahukan kepada jajaran pelatih soal masalah bonus yang akan diterima setelah Asian Para Games 2018.

"Karena peraturan baru, apabila ada pelatih yang mendapatkan Rp 1 miliar, maka akan dibagi 10 sampai 11 akhirnya para pelatih mendapatkan sedikit dan Kemenpora tidak bisa memberikan solusi saat itu," kata Rima.

"Sebelum pelatnas kami sudah menjelaskan ke pelatih karena nantinya menerima bonus tidak mungkin banyak dan itulah yang tidak bisa dimaklumi pak Puspita ini," ucap dia lagi.