Arti Penting Persib Bandung bagi Eka Ramdani, Takdir Awal Perjalanan dan Penghujung Karier

By Adif Setiyoko - Minggu, 6 Januari 2019 | 14:11 WIB
Aksi gelandang Persib Bandung, Eka Ramdani, saat tampil melawan Sriwijaya FC pada partai pembukaan Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kab. Bandung, Selasa (16/1/2018). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/BOLASPORT.COM)

Persib Bandung adalah klub yang memiliki arti penting bagi Eka Ramdani. Bagaimana tidak, tim berjulukan Maung Bandung ini bak sebuah titik perjalanan awal sekaligus pelabuhan akhir bagi karier pemain berusia 34 tahun itu.

Eka Ramdani telah ditakdirkan untuk memulai dan mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola profesional bersama Persib Bandung.

Tercatat, Eka Ramdani pertama kali mengenakan seragam kebesaran Persib Bandung pada medio 2000 silam, yakni saat usianya baru menginjak 16 tahun.

(Baca Juga: Daftar Pemain yang Berpeluang Gabung Persib Bandung pada Bursa Transfer Liga 1 2019)

Namun, setelah berlayar selama tiga tahun bersama Maung Bandung, Eka memutuskan untuk melanjutkan perjalanan bersama klub baru.

Saat itu, pilihan pemain asal Purwakarta ini jatuh ke Persijatim Solo. Bersama tim yang belakangan berubah nama menjadi Sriwijaya FC itu, Eka mengenyam asam garam pengalaman.

Baca Juga:

Tetapi, kebersamaan Eka bersama Persijatim tak berlangsung lama. Pada tahun 2015, pemain yang akrab disapa Ebol ini memilih untuk kembali ke pelukan Persib Bandung.

Semenjak saat itu, Eka malang-melintang bersama Maung Bandung selama enam musim.