Nitya Krishinda Akui Kini Lebih Paham Peran Pelatih

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 8 Januari 2019 | 15:53 WIB
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Nitya Krishinda Maheswari, berpose di gedung serbaguna pelatnas bulu tangkis, Cipayung, Jakarta, Kamis (12/1/2017). (BADMINTON INDONESIA)

Kendati baru dua hari menjalani perannya sebagai asisten pelatih ganda putri nasional, Nitya Krishinda Maheswari mengakui kini lebih paham peran pelatih bagi seorang atlet.

Nitya Krishinda Maheswari resmi melakoni tugas barunya sebagai asisten pelatih ganda putri nasional pada Senin (7/1/2019).

Dia menerima pekerjaan itu setelah tak lagi masuk ke dalam daftar atlet penghuni pemusatan latihan nasional (pelatnas) PBSI di Cipayung, Jakarta Timur, pada tahun ini.

Menurut Nitya, meski cuma menjadi asisten yang tugasnya mengarahkan para atlet untuk mengikuti program latihan rancangan pelatih kepala, Eng Hian, tanggung jawab dia saat ini lebih berat dibanding masih menjadi pemain.

"Saya sekarang bisa memahami posisi pelatih dan tidak bisa membiarkan saja atlet menjalani latihan. Saya harus memastikan gerakan atlet sudah benar atau tidak," kata Nitya yang dilansir BolaSport.com dari Antaranews.com, Selasa (8/1/2019).

Lebih lanjut, Nitya juga mengatakan bahwa dia masih perlu mendorong kedisiplinan para atlet ganda putri terutama jelang memasuki jam latihan.

"Masih ada pemain yang belum tahu manfaat latihan yang dia jalani untuk pertandingan nanti," ucap eks tandem Greysia Polii itu.

"Tanggung jawab diri sendiri seperti disiplin datang latihan juga harus didorong," kata Nitya lagi.

Baca juga: