PSSI Jamin Prioritaskan Filanesia di Tengah Pengaruh Sepak Bola Asing

By Muhammad Robbani - Rabu, 30 Januari 2019 | 18:45 WIB
Presentasi Bima Sakti sebagai pelatih timnas U-16 Indonesia di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (30/1/2019). (MUHAMMAD ROBBANI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - PSSI melalui Sekjen Ratu Tisha Destria memastikan bahwa Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia) akan tetap menjadi ciri utama pemain Tanah Air.

PSSI memastikan bahwa Filanesia tak akan banyak terpengaruh Spanyol dan Inggris yang kini tengah 'akrab' dengan sepak bola Indonesia.

Filanesia adalah salah satu program unggulan PSSI sejak era kepemimpinan Edy Rahmayadi yang mulai diluncurkan per November 2017.

Baca Juga: Kembangkan Metode Mereka, AC Milan Buka Akademi di Ibu Kota Vietnam

Filosofi ini mengedepankan pemanfaatan bakat-bakat sepak bola dari para pemain Tanah Air dengan sikap mempertahankan gaya bermain ala Indonesia.

Lewat kurikulum pembinaan sepak bola, program ini menyasar level kelompok usia hingga level profesional yang dikomandoi oleh Direktur Teknik PSSI, Danurwindo.

Baca Juga: 3 Drama Berakhir Happy Ending di Bursa Pemain Liga 1 pada Januari 2019

Baca Juga: Termasuk Lawan Timnas U-22 Indonesia, Ini Misi ‘Terselubung’ Malaysia

Dalam perjalanannya, PSSI justru menunjuk pelatih asing asal Spanyol yakni Luis Milla untuk melatih timnas U-23 Indonesia dan timnas Indonesia.