Solusi Minimnya Stok Penyerang Timnas Indonesia dari Simon McMenemy

By Beri Bagja - Kamis, 31 Januari 2019 | 18:06 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, saat melakukan wawancara dengan BolaSport.com dan Kompas.com di Jakarta, 31 Januari 2019. (KRISTIANTO PURNOMO/KOMPAS.COM)

BOLASPORT.COM - Minimnya stok penyerang tengah lokal menjadi bahan sorotan pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy. Ia memiliki ide untuk solusi masalah tersebut.

Pelatih baru timnas Indonesia, Simon McMenemy, meluangkan waktu dalam wawancara eksklusif dengan BolaSport.com dan Kompas.com di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Peracik taktik asal Skotlandia tersebut tak luput membahas minimnya peluang penyerang lokal buat unjuk gigi di klub.

"Persoalan striker bukan hanya dialami oleh Indonesia. Hal itu karena penyerang muda sulit dapat tempat lantaran klub lebih memilih merekrut penyerang asing," ucapnya.

Baca Juga : Eksklusif Simon McMenemy, Antara Jock Stein dan Timnas Indonesia

Minimnya kesempatan untuk striker lokal, khususnya yang bertipe penyerang tengah alias bomber, menjalar ke terbatasnya opsi pelatih di tim nasional.

Untuk membantu memecahkan problem ini, McMenemy akan mengangkat pelatih spesialis penyerang (striker coach/attacking coach).

KRISTIANTO PURNOMO/KOMPAS.COM
Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, saat melakukan wawancara dengan BolaSport.com dan Kompas.com di Jakarta, 31 Januari 2019.

Peran tersebut mungkin terdengar asing di Indonesia, tetapi sudah lazim ada di tim-tim besar dunia.

"Saya telah berdiskusi dengan PSSI soal kemungkinan merekrut pelatih spesialis untuk striker. Dia adalah orang yang khusus memonitor para striker, bukan hanya di timnas senior, tetapi juga di level U-22 untuk memastikan perkembangan mereka," tutur McMenemy.