Komite Paralimpiade Rusia Optimistis Atletnya Dapat Bertanding Kembali

By Nestri Yuniardi - Rabu, 6 Februari 2019 | 14:12 WIB
Pavel Rozhkov, Vice President Russian Paralympic Committee. (paralymp.ru)

BOLASPORT.COM - Komite Paralimpiade Rusia (RPC) optimistis bahwa mereka diperbolehkan kembali mengikuti turnamen internasional.

Keputusan tentang nasib RPC oleh Komite Paralimpiade Internasional (IPC) akan diumumkan pada Jumat (8/2/2019) mendatang.

"Ini sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi pada pengumuman keputusan mendatang," ucap wakil ketua RPC, Pavel Rozhkov, yang dikutip Bolasport.com dari insidethegames.biz.

Baca Juga : Skandal Doping Tak Ciutkan Tekad Rusia Menggelar European Games 2023

"Kami optimis karena kami telah memenuhi semua syarat-syarat (dokumen) yang diajukan," ujar Rozhkov.

"Sulit untuk menebak apa yang akan dikatakan di sana (sesi pengumuman), karena selama ini dalam 2,5 tahun tidak ada tuduhan secara langsung yang mengarah pada Paralimpiade dan RPC," ujarnya.

IPC akan mengumumkan keputusannya tentang nasib RPC setelah berlangsungnya pertemuan para Dewan Pengurus IPC selama 4 hari di London.

Sejak 7 Agustus 2016 RPC telah ditangguhkan atau diberhentikan sementara setelah IPC mengumumkan nama-nama atlet Rusia yang tersandung skandal doping.

Pada pengungkapan tersebut diputuskan bahwa semua atlet Rusia (termasuk para-atlet) dilarang ikut serta dalam Olimpiade dan Paralimpiade Rio 2016.

Baca Juga : 12 Atlet Atletik Rusia Dilarang Bertanding karena Skandal Doping