Kota Seoul Resmi Diajukan sebagai Tuan Rumah pada Olimpiade 2032

By Nestri Yuniardi - Selasa, 12 Februari 2019 | 11:52 WIB
Kota Seoul, Korea Selatan. (THE JAKARTA POST)

BOLASPORT.COM - Kota Seoul, Korea Selatan, resmi diajukan menjadi kandidat tuan rumah dalam kerja sama dengan Korea Utara pada proses bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

Pertama kali dalam sejarah, Korea Selatan berencana bekerja sama dengan Korea Utara guna menjadi tuan rumah penyelenggara Olimpiade 2032.

Komite Olahraga dan Olimpiade Korea Selatan (KSOC) mengumumkan bahwa Ibukota Negeri Ginseng tersebut secara resmi diajukan menjadi salah satu kandidat tuan rumah Olimpiade 2032.

Baca Juga : Persita Tangerang Siap Gantikan Perseru Serui andai Mundur di Liga 1 2019

Dilansir BolaSport.com dari Yonhap, sebelum pemungutan suara dilakukan, walikota kedua kota tersebut, Park Won-soon (Seoul) dan Oh Keo-don (Busan), memberikan presentasi di hadapan anggota KSOC, di Pusat Pelatihan Nasional Jincheon, Provinsi Chungcheong Utara.

Pada presentasinya, Walikota Park Won-soon menyatakan bahwa Seoul adalah pilihan yang logis.

"Olimpiade di Seoul adalah Olimpiade untuk Korea Selatan dan Semenanjung Korea," tutur Park.

Walikota Park menggarisbawahi perihal kedekatan kota Seoul dengan Pyongyang (Korea Utara) dan Bandara Internasional Incheon sebagai pintu gerbang utama Korea Selatan.

Pendapat tersebut juga diperkuat dengan fasilitas yang sudah ada di Seoul, diklaim dapat lebih menghemat biaya, mengingat estimasi menjadi tuan rumah dapat menelan biaya sebesar 42 triliun rupiah.

Baca Juga : Beckham Persembahkan Gol Perdana di Persib untuk Orang Tua dan Bobotoh