Gusti Randa Perjuangkan Kasus Marko Simic Dibahas di Indonesia

By Mochamad Hary Prasetya - Kamis, 14 Februari 2019 | 21:50 WIB
Penyerang Persija, Marko Simic, berduel di laga kualifikasi kedua Liga Champions Asia kontra Newcastle Jets. (PERSIJA)

BOLASPORT.COM - Manajemen Persija Jakarta menunjuk Gusti Randa untuk menjadi kuasa hukum Marko Simic yang sedang tertimpa kasus dugaan pelecehan seksual.

Marco Simic tersangkut kasus dugaan pelecehan seksual terhadap salah satu wanita di dalam pesawat saat penerbangan dari Bali menuju Australia, Sabtu (9/2/2019).

Kejadian tersebut terjadi ketika Marko Simic bersama rombongan Persija Jakarta bertolak ke Australia untuk menghadapi Newcastle Jets dalam babak play off kedua Liga Champions Asia 2019 di Stadion McDonald Jones, Selasa (12/2/2019).

Gusti Randa sendiri sedang memperjuangkan agar kasus Marko Simic bisa dibahas oleh hukum di Indonesia.

Sebab, dugaan pelecehan seksual Marko Simic terjadi di wilayah Indonesia dan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Baca Juga : Manchester United Kehilangan Rp354 Miliar untuk Depak Jose Mourinho

"Pertama kami harus meletakkan persoalan di atas praduga tak bersalah. Kedua, kami harus masuk dalam koridor tata hukum internasional," kata Gusti Randa saat dihubungi wartawan, Kamis (14/2/2019).

"Melihat dari locus deliktinya, locus deliktinya Marko Simic ini meskipun bukan WNI, tetapi TKP-nya adalah di penerbangan Garuda Indonesia.

"Secara hukum Indonesia, maka di atas penerbangan Garuda Indonesia, di atas pelayaran yang berbendera Indonesia maka berlaku hukum atau yurisdiksi Indonesia," ujarnya menambahkan.

Gusti Randa melanjutkan bahwa dia belum mengetahui sejauh mana penanganan kasus Marko Simic di Australia.