Final Four Proliga 2019 - Menang, Samator Bakal Tantang BNI di Final

By Doddy Wiratama - Minggu, 17 Februari 2019 | 14:59 WIB
Pemain Surabaya Bhayangkara Samator (jersey hitam) berpelukan di tengah pertandingan final four Proliga 2019 di GOR Ken Arok, Malang, Sabtu (16/2/2019). (DOK. PBVSI)

BOLASPORT.COM - Surabaya Bhayangkara Samator akhirnya berhasil memastikan diri berhak tampil di babak grand final Proliga 2019.

Kepastian itu didapat sang juara bertahan seusai berhasil mengalahkan Palembang Bank SumselBabel (PBS) dalam laga final four, Minggu (17/2/2019).

Bermain di GOR Ken Arok, Malang, Surabaya Bhayangkara Samator (SBS) yang butuh kemenangan untuk naik ke peringkat kedua justru tampil lepas sejak awal pertandingan.

Di sisi lain, tekanan justru dirasakan oleh PBS yang tengah berada dalam tren negatif setelah dua kali kalah di Kota Apel.

Baca Juga : Final Four Proliga 2019 - Kalahkan BNI, Popsivo Segel Tiket Final

Laga sebenarnya sempat berlangsung sengit sebelum skuat SBS mampu mencuri momentum dan menutup set pertama dengan skor 25-21.

Keunggulan pada set pertama itu rupanya memberi kepercayaan diri kepada Rendy Tamamilang dkk. yang sempat unggul tujuh angka pada pertengahan set kedua.

Unggul cukup jauh membuat Surabaya Bhayangkara Samator makin nyaman menguasai pertandingan sebelum akhirnya menutup set kedua dengan skor 25-20.

Memasuki set ketiga, Palembang Bank SumselBabel sempat memberi sinyal kebangkitan tatkala unggul 8-4 pada saat memasuki masa technical timeout pertama.