Hasil Studi: Cristiano 'Kebal' Tekanan, Liverpool Rela Bayar Pemain Anti-stres

By Bagas Reza Murti - Minggu, 3 Maret 2019 | 21:25 WIB
Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, membuka kepalan tangan seolah memamerkan 5 trofi Liga Champions kepada fan Atletico Madrid. (TWITTER.COM/BEWARMERS)

BOLASPORT.COM - Baru-baru ini hasil studi menunjukkan jika Cristiano Ronaldo menjadi pesepak bola paling baik mengatasi tekanan dalam pertandingan.

Sebuah studi dari KU Leuven University, Belgia dan perusahaan analisis olahraga SciSports meneliti tentang stres sebagai faktor dalam menentukan momen-momen di sepak bola dan bagaimana hal tersebut berefek kepada pemain top dunia.

Dilansir BolaSport.com dari AS, hasil penelitian disusun berdasarkan data yang dikumpulkan dari 7.000 pertandingan yang dianalisis oleh tim ilmuwan.

Kesimpulan menunjukkan Cristiano Ronaldo menjadi pesepak bola 'kebal' pada tekanan di pertandingan. Tingkat kinerja megabintang Portugal tetap sama dalam setiap skenario yang mungkin selama pertandingan.

Baca Juga : Pembalap Motocross Ini Akui Punya Kemiripan dengan Cristiano Ronaldo

Di sisi lain, Neymar sangat terpengaruh stres selama pertandingan.

"Dia (Neymar) membuat keputusan lebih buruk saat di bawah tekanan," ujar analis SciSports, Jan van Haaren.

Ada juga pemain yang disebut dalam hasil studi tersebut adalah Sergio Aguero, Eden Hazard, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele.

Aguero tampil baik di bawah tekanan dan membuat keputusan lebih baik saat memegang bola. Sementara Eden Hazard juga terpengaruh stres saat momen-momen kunci di pertandingan.