Liga Champions - Probabilitas Lolos, Tottenham dan Real Madrid Nyaris 100 Persen

By Dwi Widijatmiko - Selasa, 5 Maret 2019 | 06:00 WIB
Penyerang Real Madrid, Karim Benzema, merayakan gol yang dicetak ke gawang Ajax Amsterdam dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Johan Cruijff ArenA, Rabu (13/2/2019). (TWITTER.COM/REALMADRID)

BOLASPORT.COM - Leg kedua babak 16 besar Liga Champions akan dimulai pada Selasa (5/3/2019) malam waktu Eropa atau Rabu dini hari WIB.

Pada hari pertama, Borussia Dortmund akan menghadapi Tottenham Hotspur di Westfalen, sementara Real Madrid menjamu Ajax Amsterdam di Santiago Bernabeu.

Tottenham Hotspur menang 3-0 pada leg pertama di White Hart Lane, sedangkan Real Madrid punya modal kemenangan 2-1 di kandang Ajax Amsterdam.

Dari hasil-hasil tersebut, bisa dilihat seberapa banyak skor yang sama pernah terjadi sepanjang sejarah Liga Champions dan bagaimana hasil akhirnya.

Dari situ bisa dihitung berapa probabilitas atau kemungkinan sebuah tim lolos ke babak berikutnya setelah mengalami skor yang bersangkutan di leg pertama.

Seperti dikutip Bolasport.com dari situs resmi UEFA, untuk laga Dortmund kontra Tottenham, pernah terjadi 130 pertandingan skor 3-0 untuk kemenangan tim tuan rumah leg pertama.

Baca Juga : Hasil Liga Champions - Real Madrid Menangi Duel Sengit Lawan Ajax

Sejarah mencatat dari 130 kejadian itu, hanya 7 (5,4%) di mana tuan rumah laga leg kedua akhirnya berhasil lolos ke babak selanjutnya. Mereka berhasil membalikkan ketertinggalan 0-3 dengan menang minimal 4-0.

Sebaliknya, ada 123 kejadian (94,6%) di mana tim yang bermain away pada leg kedua akhirnya lolos karena bisa menjaga keunggulan 3-0 supaya tidak sampai tersalip.