2 Rancangan Baru Liga Champions, Salah Satunya Main Akhir Pekan

By Ahmad Tsalis - Selasa, 19 Maret 2019 | 05:15 WIB
Ilustrasi berita Liga Champions. ( ANDREAS JOEVI/BOLASPORT.COM )

BOLASPORT.COM - UEFA dan beberapa klub top Eropa dikabarkan akan membahas kemungkinan Liga Champions dipindah ke akhir pekan.

Sejak musim 2009-2010, Federasi Sepak Bola Eropa, UEFA, memberlakukan format dua pertemuan (double round-robin) dalam penyisihan grup yang diikuti oleh 32 tim.

Tiga puluh dua tim yang terbagi dalam delapan grup diperoleh dari dua jalur kualifikasi yang diatur berdasarkan koefisien liga menurut UEFA.

Jalur pertama, beberapa tim akan langsung lolos ke penyisihan grup. Tim-tim tersebut seperti peringkat pertama hingga keempat dari Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Jerman, dan Liga Italia.

Jalur kedua, beberapa tim harus menempuh tiga tahap kualifikasi dan playoff sebelum berhak tampil pada babak penyisihan grup.

Baca Juga: Juventus Telan Kekalahan Pertama di Serie A, Atletico Madrid Penyebabnya?

Namun, struktur kualifikasi yang saat ini digunakan diwacanakan bakal ditinjau ulang untuk coba diubah dengan model promosi dan degradasi.

Wacana untuk mengubah format kualifikasi menjadi promosi dan degradasi ditengarai menjadi bahasan utama saat Asosiasi Klub-klub Eropa (ECA) bakal dijadwalkan berjumpa dengan petinggi UEFA di Nyon, Swiss, pada Selasa (19/3/2019).

Pertemuan dengan petinggi UEFA pun dibenarkan oleh Chairman Asosiasi Klub-klub Eropa (ECA), Andrea Agnelli.