Disponsori Produsen Rokok, Ducati Bakal Ikuti Langkah Ekstrem Ferrari

By Doddy Wiratama - Kamis, 21 Maret 2019 | 08:57 WIB
Tim Ducati berpose dengan Andrea Dovizioso usai sang pembalap sukses memenangi MotoGP Qatar 2019, Minggu (3/3/2019) (twitter.com/MotoGP)

BOLASPORT.COM - Meski tampil pada dua ajang berbeda, Ducati (MotoGP) tampaknya harus mengikuti langkah Ferrari (F1) untuk menyamarkan sponsor utama mereka.

Pada musim ini Ducati dan Ferrari memang memiliki berbagai kesamaan yang membuat kedua tim ini begitu identik.

Sama-sama datang dari Italia, kedua tim ini menggunakan warna kebesaran merah dan memiliki sponsor utama Mission Winnow.

Mission Winnow merupakan gerakan inisiasi Philip Morris International yang menunjukkan komitmen mereka terhadap pengembangan inovasi berkelanjutan di masyarakat.

Philip Morris International sendiri adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang memproduksi rokok dan olahan tembakau di mana produknya sudah tersebar ke seluruh dunia.

Baca Juga : Sirkuit MotoGP di Indonesia Dipastikan Penuhi Standar Keamanan

Keterlibatan perusahaan inilah, meski secara tidak langsung, yang bakal menimbulkan masalah bagi Ferrari dan mungkin juga Ducati.

Pada seri pembuka F1 2019 di Australia, 15-17 Maret 2019, Ferrari mengambil langkah tergolong ekstrem dengan menghilangkan logo Mission Winnow.

Logo Mission Winnow yang notabene sponsor utama tim Kuda Jingkrak pada musim ini dihilangkan baik di body mobil SF90, wearpack para pembalap, bahkan pada nama resmi tim.

Hal itu dilakukan lantaran Australia menerapkan aturan yang ketat terhadap pemasangan sponsor dari perusahaan produsen tembakau dalam sebuah event, terutama kegiatan olahraga.