Apa Jadinya MotoGP Tanpa Valentino Rossi? The Doctor Punya Jawabannya

By Doddy Wiratama - Kamis, 21 Maret 2019 | 10:26 WIB
Valentino Rossi saat menjalani sesi pemotretan di MotoGP Qatar 2019. (twitter.com/YamahaMotoGP)

BOLASPORT.COM - Gelaran MotoGP 2019 merupakan musim ke-24 Valentino Rossi tampil di ajang balap motor bergengsi tersebut.

Memulai debut pada 1996, Valentino Rossi tercatat sudah membela empat pabrikan berbeda mulai saat turun di kelas 125cc, 250cc, dan 500cc sebelum berganti nama menjadi MotoGP.

Pembalap asal Italia ini pun telah mengoleksi sembilan gelar juara dunia yang didapatkan dari semua kelas balap yang diikutinya.

Dengan prestasi tersebut, tak heran jika nama Valentino Rossi begitu disegani dan saat ini menjelma menjadi pembalap terbaik sepanjang sejarah berlangsungnya MotoGP.

Belum lagi rivalitas yang dimiliki Rossi dengan sejumlah pembalap kenamaan, dari lintas generasi, membuat nama The Doctor makin populer dan banyak diidolakan.

Bahkan pada suatu periode nama Valentino Rossi sempat dianggap lebih besar dari MotoGP itu sendiri. MotoGP adalah Rossi, Rossi adalah MotoGP.

Baca Juga : Disponsori Produsen Rokok, Ducati Bakal Ikuti Langkah Ekstrem Ferrari

Meski begitu, masa kejayaan Valentino Rossi di ajang MotoGP tampaknya telah tiba di senja kala dan mungkin sudah dimulai sejak beberapa musim terakhir.

Walau masih bisa tampil kompetitif, pria 40 tahun ini tampak kesulitan untuk menyaingi dominasi Marc Marquez bersama Repsol Honda.

Dalam beberapa musim terakhir, Valentino Rossi sendiri tampak kesulitan meraih kemenangan di mana dirinya sudah 29 kali tak bisa mengakhiri balapan sebagai yang terdepan.