Lawan Tak Terima, Pemain Naturalisasi Timnas Ukraina Alami Kasus Mirip Ezra Walian

By Bagaskara Setyana Adhie Perkasa - Kamis, 28 Maret 2019 | 22:45 WIB
Pemain Shahktar Donetsk Junior Moraes (instagram.com/jmoraes10)

BOLASPORT.COM - Pemain timnas Ukraina, Junior Moraes, berpotensi mengalami nasib yang serupa dengan Ezra Walian terkait status naturalisasinya.

Seperti dilansir BolaSport.com dari France24, UEFA tengah melakukan investigasi terkait pemain naturalisasi timnas Ukraina, Junior Moraes.

Junior Moraes telah menerima paspor Ukraina pada bulan Maret 2019 ini dan langsung melakoni debut saat menahan imbang Portugal tanpa gol pada Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Lawan Ukraina pada Kualifikasi Piala Eropa 2020 yakni Luksemburg dan Portugal lantas menaruh kecurigaan terkait status kelayakan Junior sebagai pemain naturalisasi.

Baca Juga : PSSI Bakal Bicara dengan FIFA untuk Perjuangankan Ezra Walian

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Junior Moraes (@jrmoraes10) on

Kedua federasi negara tersebut menilai pemain kelahiran Brasil itu belum memenuhi syarat naturalisasi karena baru tinggal di Ukraina selama empat tahun tujuh bulan.

Sementara persyaratan naturalisasi adalah tinggal sedikitnya lima tahun secara beruntun setelah mencapai usia 18 tahun.

UEFA lantas merespons laporan dari Luksemburg dan Portugal dan langsung melakukan investigasi.

"Menanggapi protes yang diadukan oleh Federasi Sepak Bola Luksemburg dan Portugal, proses disipliner sedang diusut, terkait kelayakan pemain Ukraina Junior Moraes dalam pertandingan yang disebutkan di atas," tulis pernyataan resmi UEFA.

Kasus seperti ini mengingatkan kembali dengan kasus yang baru saja dialami oleh pemain naturalisasi Indonesia, Ezra Walian.