Mengenal Thoriq Munir Alkatiri, Wasit Nasional Bersertifikat FIFA

By Bayu Chandra - Jumat, 29 Maret 2019 | 10:43 WIB
Wasit Thoriq M saat memimpin jalannya pertandingan antara Persija Jakarta melawan Kalteng Putra dalam laga 8 besar Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat (28/3/2019) Kalteng Putra menang dengan skor 4-5 melalui adu pinalti. Feri Setiawan/Super Ball ( )

BOLASPORT.COM - Thoriq Munir Alkatiri merupakan salah satu wasit nasional yang telah memegang lisensi Induk Sepak Bola Seluruh Dunia (FIFA).

Thoriq Munir Alkatiri lahir di Karawang pada 19 November 1988 dan dianggap sebagai salah satu wasit terbaik yang dimiliki oleh Indonesia, selain Jimmy Napitupulu dan Oki Dwi Putra.

Sebelum menjadi wasit, dia pernah menjadi pemain sepak bola dan memperkuat kesebelasan Purwakarta pada ajang Piala Soeratin U-17.

Namun karena cedera, ia memutuskan berkarir sebagai wasit dengan mulai mengambil kursus sebagai wasit pada 2006.

Baca Juga : Bawa-bawa AFC, Ismed Sofyan Pertanyakan Kualitas Wasit Thoriq Alkatiri

Debut Thoriq Alkatiri memimpin pertandingan divisi teratas Liga Indonesia dimulai pada 2012. Saat itu dia baru berusia 24 tahun dan menjadi wasit termuda di divisi utama.

Pada usia 25 tahun, dirinya sudah dipercaya memimpin pertandingan final Piala Gubernur Jatim 2013. Pada tahun berikutnya, dia mendapat lisensi sebagai wasit dari FIFA.

Sederet prestasi-prestasi menawan baik di luar mau pun dalam negeri pernah dia raih sebagai seorang wasit.

Dia pernah dinobatkan sebagai wasit terbaik Liga Super Indonesia pada bulan Februari musim 2013/2014.

Penghargaan wasit terbaik juga didapat Thoriq Alkatiri pada ajang Piala Jendral Sudirman 2015, Piala Bhayangkara, dan Liga 1 2018.