Misi Kaya FC Mengharumkan Sepak Bola Filipina Lewat Piala AFC

By Muhammad Robbani - Senin, 1 April 2019 | 20:19 WIB
Skuat Kaya FC. (instagram.com/kayafc)

BOLASPORT.COM - Lawan ketiga PSM Makassar pada ajang Piala AFC 2019, Kaya FC punya misi mulia terkait kiprah mereka dalam gelaran antarklub Asia tersebut. Hal itu diutarakan pemain Kaya FC Marwin Angeles saat berbincang dengan BolaSport.com, Senin (1/4/2019).

Berdasarkan penuturan Marwin Angeles, Kaya FC ingin menunjukkan kepada publik sepak bola Asia, bahwa Filipina juga bisa berbicara lewat olahraga paling digemari dunia melalui medium Piala AFC ini.

Sebagaimana diketahui, sepak bola bukanlah olahraga populer karena masyarakatnya lebih menggemari basket ataupun boxing.

Baca Juga : Piala AFC - Mengulik Lao Toyota dari Kapten Mereka Kazuo Honma

Kompetisi sepak bola profesional di Filipina pun baru bergulir pada musim 2017 setelah PSSI-nya Filipina, Philippine Football Federation (PFF), memperkenalkan Philippine Football League (PFL).

PFL Datang untuk menggantikan United Football League (UFL), sebuah turnamen semi-profesional yang bergulir pada 2009-2016.

Bicara mengenai Piala AFC, tahun ini merupakan kali kedua buat Kaya FC tampil pada ajang kontinental terbesar kedua antarklub Asia tersebut.

Sebelumnya mereka sudah pernah merasakan ketatnya persaingan dengan sejumlah klub Asia lainnya saat ambil bagian pada musim 2016.

Pada kiprah debutnya saat itu, Kaya FC terbilang cukup sukses karena mereka sanggup menjadi runner-up Grup F yang dihuni oleh Kitchee, Balestier Khalsa, dan New Radiant.