Profil Klub Kaya FC, Calon Lawan PSM Makassar di Piala AFC 2019

By Bayu Chandra - Selasa, 2 April 2019 | 12:22 WIB
Skuat Kaya FC. (INSTAGRAM.COM/KAYAFC)

BOLASPORT.COM - Federasi sepak bola Filipina (PFF) mengirimkan dua wakilnya di ajang Piala AFC 2019 yaitu Ceres Negros dan Kaya FC.

Kaya Ilo-Ilo FC atau akrab dipanggil Kaya FC, klub ini berdiri pada tahun 1996 dan merupakan salah satu tim tertua di liga domestik Filipina.

Tim yang bermarkas di Stadion Iloilo Sport Complex ini, pernah menduduki posisi ke-86 dalam rangking yang dikeluarkan oleh Asosiasi Sepak bola di Asia (AFC) per tanggal 13 Maret 2019.

Baca Juga : Link Live Streaming PSM Makassar Vs Kaya FC di Piala AFC 2019

The Mighty Kaya, julukan dari tim ini, berhasil mengalahkan tim-tim asal ASEAN seperti Bangkok United di posisi ke-87 dan Becamex Binh Duong di peringkat 88.

Prestasi ini pun adalah hal yang luar biasa bagi negara jajahan Spanyol itu, mengingat jumlah klub-klub yang berlaga di Liga Filipina tidaklah banyak.

INSTAGRAM.COM/KAYAFC
Striker asing Kaya FC, Darryl Bevon Roberts.

Di ajang Piala AFC, klub besutan pelatih Noel Marcaida ini ternyata pernah mencapai babak 16 besar pada Piala AFC 2016 meski akhirnya kalah 2-7 dari klub asal Malaysia, Johor Darul Takzim.

Baca Juga : Piala AFC 2019 - PSM Makassar Waspadai Ancaman Striker Asing Kaya FC

Pada ajang Liga Filipina, klub yang dimiliki oleh Santi Araneta itu, berhasil menduduki peringkat dua klasemen dengan koleksi 49 poin.