Tentang Stadion Panaad, Kandang Dua Klub Filipina di Piala AFC

By Muhammad Robbani - Rabu, 3 April 2019 | 15:17 WIB
Kandang Ceres Negros dan timnas Filipina, Stadion Panaad. (panaynews.net)

BOLASPORT.COM - Dua wakil klub Filipina pada ajang Piala AFC, Ceres Negros dan Kaya FC, sama-sama menjadikan Stadion Panaad, Bacolod, sebagai venue laga kandang.

Bagi Ceres Negros, bermain di Stadion Panaad adalah sesuatu yang wajar, mengingat itu memang kandang mereka pada kompetisi domestik, Philippine Football League (PFL).

Sementara Kaya FC sebenarnya punya markasnya sendiri, Iloilo Sports Complex, yang terletak di Pulau Panay.

Baca Juga : Misi Kaya FC Mengharumkan Sepak Bola Filipina Lewat Piala AFC

Kaya FC perlu menyebrang dari Pulau Panay ke Pulau Negros via Selat Guimaras dengan taksi atau kapal feri dalam perjalanan yang bisa memakan waktu 1-2 jam.

Kandang Kaya FC, Iloilo Sports Complex tak lolos standar minimal dalam verifikasi AFC untuk bisa digunakan sebagai venue turnamen terbesar kedua antarklub Asia tersebut.

kayafc.com
Suasana pertandingan antara Kaya FC vs Ceres Negros, 11 Juli 2018.

Hal itu sudah diumumkan pihak klub pada 8 Februari silam, tentang tak lolosnya Iloilo Sports Complex sehingga pihak klub memutuskan untuk berkandang di Stadion Panaad.

"Kaya FC-Iloilo ingin mengumumkan bahwa venue untuk laga kandang Piala AFC 2019 akan digelar di Stadion Panaad," tulis pernyataan resmi klub pada 8 Februari 2019.

"Klub ingin menggelar pertandingan Piala AFC di Iloilo Sports Complex, segala kerja keras untuk menyiapkan Iloilo Sports Complex, tetap tak menemui standar untuk menggelar Piala AFC.