Voters PSSI Pertanyakan Langkah Sesmenpora Berkomunikasi dengan FIFA dan AFC

By Metta Rahma Melati - Rabu, 10 April 2019 | 16:46 WIB
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto ketika ditemui pewarta di Kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (29/11/2018 (Robbani)

BOLASPORT.COM - Voters atau pemilik hak suara PSSI mempertanyakan langkah Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto yang berkirim surat ke AFC dan FIFA.

Langkah dari Gatot itu membuat delegasi AFC/FIFA berkunjung ke Jakarta dalam waktu dekat untuk membantu PSSI menangani dan menyelesaikan masalah.

Ketua Asosiasi Provonsi PSSI DI Yogyakarta, Bambang Kuncoro pun buka suara terkait langkah Gatot itu.

"Kami khawatir saja, nanti dikira pemerintah mengintervensi PSSI,” kata Bambang Kuncoro, dikutip BolaSport.com dari Kompas.com.

Presiden Persijap Jepara, Esti Puji Lestari pun mempertanyakan motif Gatot berkirim surat ke AFC/FIFA.

Meskipun demikian, baik Bambang Kuncoro atau Esti menghargai langkah Sesmenpora yang aktif membantu.

Akan tetapi keduanya juga khawatir, pasalnya manuver Sesmenpora telah melangkahi PSSI dan anggitanya dalam berkorespodensi dengan AFC/FIFA, di sampi khawatir ada tuduhan intervensi.

Menurut BAmbang Kuncoro menilai keputusan Komite Eksekutif PSSI pada 19 MAret 2019 lalu telah jelas, yakni PSSI harus menggelar KOngres Luar Biasa (KLB) dengan segera untuk memilih pengurus baru.

"Kalau tujuan delegasi AFC/FIFA ke Jakarta untuk membantu PSSI menyelesaikan masalahnya, bukankah solusi dari PSSI sendiri sudah jelas, yakni KLB? Atau Kemenpora punya hidden agenda (agenda terselubung)?" tuturnya.