Soal Sandy Walsh, Simon McMenemy Berkaca dari Chanatip dan Neil Etheridge

By Muhammad Robbani - Selasa, 16 April 2019 | 10:40 WIB
Sandy Walsh, bek sayap S.V. Zulte Waregem ( instagram.com/sandywalsh )

BOLASPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, sedang mempertimbangkan matang-matang soal peluang memanggil pemain berdarah Belanda yang bermain di Liga Belgia, Sandy Walsh.

Sejauh ini, status Sandy Walsh yang bermain di Eropa, jadi pemberat bagi Simon McMenemy untuk memanggil pemain Zulte Waregem itu ke timnas Indonesia.

Simon McMenemy meyakini, pemain-pemain dari Eropa atau dari liga-liga kuat bakal kesulitan mendapatkan izin meninggalkan klub ke timnas, selain agenda resmi FIFA Matchday.

Pelatih asal Skotlandia itu berkaca dari dua bintang besar Asia Tenggara yakni Chanathip Songkrasin (Consadole Sapporo) dari Thailand dan Neil Etheridge (Cardiff City) dari Filipina.

Keduanya tak dilepas klubnya masing-masing untuk bermain di Piala AFF 2018 lantaran turnamen sepak bola antarnegara ASEAN itu tak masuk dalam kalender resmi FIFA.

www.facebook.com/consadole/photos
Winger mungil Chanathip Songkrasin dalam sebuah acara Consadole Sapporo pada 31 Juli 2018.

"Masalahnya, membawa pemain dari luar itu biasanya klub mereka tak selalu mau melepas pemainnya ke timnas," kata Simon McMenemy kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

"Coba kalian lihat Thailand yang kesulitan membangun tim karena Chanatip main di Jepang, padahal Chanatip adalah pemain terbaik mereka. Ketika datang Piala AFF 2018, pemain-pemain seperti ini tak bisa dipanggil," ujarnya menambahkan.

MUHAMMAD ROBBANI/BOLASPORT.COM
Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy menjawab pertanyaan wartawan di Hotel century, Jakarta, Senin (15/4/2019).