Perjalanan Ajax, dari Kualifikasi di Bulan Juli hingga Lolos Semifinal Liga Champions

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 17 April 2019 | 04:56 WIB
Selebrasi kapten Ajax Amsterdam, Matthijs De Ligt, saat mencetak gol kemenangan timnya ke gawang Juventus pada pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Champions di Stadion Allianz Turin, 16 April 2019. (TWITTER.COM/@CHAMPIONSLEAGUE)

BOLASPORT.COM - Ada catatan menarik yang mengiringi keberhasilan Ajax Amsterdam melangkah ke babak semifinal Liga Champions musim ini.

Ajax Amsterdam kembali membuat kejutan dalam perjalanan mereka pada kompetisi antarklub teratas Benua Eropa, Liga Champions 2018-2019.

Setelah menyingkirkan Real Madrid dengan agregat meyakinkan 5-3 pada babak 16 besar Liga Champions, Ajax kembali membungkam keraguan dengan mengalahkan Juventus.

Mengandalkan skuat muda yang energik, Ajax sukses meredam perlawanan Juventus dengan imbang 1-1 pada leg pertama (10/4/2019) dan menang 2-1 pada leg kedua (16/4/2019).

Baca Juga : Hasil Liga Champions - Gol Cristiano Ronaldo Sia-sia, Juventus Disingkirkan Ajax Amsterdam

Agregat 3-2 pun membuat De Godenzonen mendapatkan jatah tampil di babak semifinal Liga Champions mereka untuk yang pertama kali sejak 22 tahun silam.

Selain itu, keberhasilan Matthijs de Ligt dkk melaju hingga fase empat besar juga menyisakan rekor tersendiri.

Data Opta mencatat, bahwa Ajax menjadi satu-satunya tim yang dapat lolos ke semifinal setelah melalui tiga putaran pada fase kualifikasi Liga Champions.

Finis kedua musim lalu di Liga Belanda memang membuat Ajax harus bersusah payah ketimbang kontestan-kontestan lainnya di fase gugur Liga Champions.

Sebab, posisi Belanda yang hanya berada di urutan ke-14 pada tabel kompetisi UEFA musim lalu mengharuskan Ajax tanding sejak putaran kedua babak kualifikasi Liga Champions.