Valentino Rossi Sebut COTA Sebagai Sirkuit Terburuk di MotoGP 2019

By Agung Kurniawan - Kamis, 18 April 2019 | 11:00 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi ketika menyelesaikan sesi kualifikasi MotoGP Americas 2019. (DOK. MOTOGP)

BOLASPORT.COM - Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) menyebut kondisi lintasan Circuit of the Americas adalah yang terburuk dalam kalender MotoGP.

Meski mampu mengakhiri balapan MotoGP Americas 2019 sebagai runner up, Valentino Rossi mengeluhkan kondisi lintasan yang digunakan.

Dalam sebuah wawancara, Rossi menyebut jika kondisi aspal COTA merupakan yang terburuk di antara 21 sirkuit yang ada dalam kalender kompetisi MotoGP 2019.

Walau demikian, Valentino Rossi tak menampik jika dirinya menyukai desain layout sirkuit yang dibuka sejak 2012 itu.

Baca Juga : Lolos Semifinal, Kecintaan Pelatih Tottenham akan Sepak Bola Semakin Teguh

"Sirkuit ini fantastis, layout-nya bagus, tetapi kondisi lintasan yang bergelombang menjadikan tempat ini sirkuit terburuk," ucap Rossi dilansir BolaSport dari crash.

"Kami telah membicarakan masalah ini dengan komite keselamatan. Tidak mudah untuk memperbaikinya, jadi kami harus membalap dengan kondisi seperti ini," tuturnya.

Sirkuit Americas memiliki panjang 5,5 Km dengan 20 tikungan dan mempunyai karakter berlawanan dengan arah jarum jam (anti-clockwise).

Selama ini, COTA dikenal sebagai sirkuit yang ganas untuk pembalap MotoGP dan hanya mampu ditaklukkan Marc Marquez (Repsol Honda).

Namun setelah memenangi 6 edisi sebelumnya, dominasi Marquez akhirnya runtuh pada MotoGP Americas 2019 akhir pekan lalu.