Kento Momota dan Titik Balik Karier pada Kejuaraan Asia

By Delia Mustikasari - Minggu, 21 April 2019 | 20:15 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Jepang, Kento Momota, berpose setelah menjalani final Indonesia Masters (DELIA MUSTIKASARI/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Kejuaraan Asia punya makna penting bagi karier pebulu tangkis tunggal putra Jepang, Kento Momota.

Kento Momota kembali ke jalur juara setelah memenangi Kejuaraan Asia 2018.

Sebelumnya, pebulu tangkis berusia 24 tahun itu sempat lama tidak berkompetisi setelah mendapat sanksi dari Asosiasi Bulu Tangkis Jepang (Nippon Badminton Asia/NBA).

Momota yang saat itu tengah berada di peringkat kedua dunia dikenai hukuman skorsing selama setahun karena terlibat perjudian ilegal pada 2015.

Sanksi tersebut membuat impian Momota untuk tampil pada Olimpiade Rio 2016 sirna. Setelah skorsing dicabut pada Mei 2017, Momota kembali bangkit.

Momota comeback pada turnamen internasional pada Canada Open, Juli 2017 setelah sebelumnya mengikuti turnamen sirkuit di Jepang.

Momota secara perlahan menemukan performa terbaiknya dan keluar sebagai pemenang pada Kejuaraan Asia 2018 setelah mengalahkan Chen Long (China), 21-17, 21-13.

"Saya selanjutnya ingin menjadi juara dunia dan menjadi nomor satu dunia dan tentu saja saya fokus mempersiapkan diri pada Olimpiade (yang akan diadakan di Tokyo tahun depan)," kata Momota saat itu kepada Badminton Asia segera setelah kemenangannya.

Lima bulan kemudian, Kento Momota  menduduki peringkat pertama dunia setelah merebut gelar juara dunia 2018 di Nanjing, China pada Agustus.