Zheng/Huang Siap Jadi Kartu As China pada Piala Sudirman 2019

By Nestri Yuniardi - Senin, 22 April 2019 | 16:12 WIB
Pasangan ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, berpose setelah memastikan medali emas pada Asian Games 2018. (BWF BADMINTON)

BOLASPORT.COM - Pasangan ganda campuran Zheng Siwei/Huang Yaqiong menegaskan bahwa mereka siap menjadi tumpuan utama tim bulu tangkis China pada Piala Sudirman 2019.

Kekalahan dari wakil Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, pada babak semifinal Singapore Open 2019 diakui menjadi cambukan besar bagi Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Dilansir BolaSport.com dari laman BWF, pasangan nomor satu dunia tersebut bahkan mengatakan bahwa kekalahan dari Puavaranukroh/Taerattanachai itu seakan "membangunkan" mereka agar tidak terlena dengan rentetan kemenangan yang mereka raih sepanjang tahun ini.

Hal inilah yang turut memotivasi Huang Yaqiong pada perhelatan Piala Sudirman 2019 di Nanning, China, 19-26 Mei mendatang.

Apalagi, pada Piala Sudirman 2017, Huang juga menjadi salah satu faktor terbesar penyebab kekalahan China atas Korea Selatan pada babak final. 

Huang yang kala itu masih berpasangan dengan Lu Kai, secara mengejutkan kalah dari duet Choi Sol-gyu/Chae Yu-jung.

Padahal, Lu/Huang saat itu baru saja menjadi kampiun pada All England Open 2018 serta menjadi pasangan ganda campuran terbaik di dunia dengan menghuni peringkat satu.

"Saya belajar banyak dari pertandingan tersebut. Turnamen beregu sangat berbeda dengan turnamen individual," ucap Huang.

"Saya belajar bagaimana menangani diri saya sendiri dalam situasi (kalah) seperti itu," kata dia.