PT LIB Sebut VAR Belum Bisa Diterapkan di Indonesia, Kenapa?

By Mochamad Hary Prasetya - Rabu, 8 Mei 2019 | 15:18 WIB
Wasit Thoriq Alkatiri saat memimpin jalannya pertandingan antara Persija Jakarta melawan Kalteng Putra dalam laga 8 besar Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat (28/3/2019) Kalteng Putra menang melalui adu penalti. (Feri Setiawan/Super Ball)

BOLASPORT.COM - Desakan klub-klub Indonesia untuk meminta adanya Video Assistant Referee (VAR) kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) sepertinya pupus.

Sebab, PT LIB menyebutkan untuk saat ini VAR belum bisa diterapkan di kompetisi sepak bola Indonesia.

Direktur Interim PT LIB, Dirk Soplanit, mengatakan bukan hal yang mudah untuk menerapkan VAR.Hal tersebut tentu saja harus dimengerti oleh klub, pemain, dan juga suporter yang ada di Indonesia.

"Untuk VAR masih belum karena itu tidak mudah untuk kami terapkan," kata Dirk Soplanit.

Dirk Soplanit juga sudah tahu ada beberapa klub yang ingin membantu patungan untuk membiayai PT LIB mendatangkan alat-alat canggih kepada wasit termasuk VAR.

Baca Juga : Barcelona Dibantai Liverpool, Presiden Klub Merasa Malu pada Pendukung

Permasalahannya kata Dirk Soplanit bukan hal uang, tetapi kualifikasi wasit macam apa yang diperbolehkan memimpin pertandingan tersebut bila sudah ada VAR.

PSSI saat ini baru memiliki tiga wasit berlisensi FIFA yaitu Thoriq Munir Alkatiri, Yudi Nurcahya, dan Dwi Purba Adi Wicaksana.

Pada tahun 2018, sebenarnya ada 5 wasit FIFA asal Indonesia, selain ketiga nama di atas adalah Oki Dwi Putra Senjaya dan Musthofa Umarella.