Pelatih Ungkap Alasan Pilih Tontowi/Winny Masuk Tim Piala Sudirman 2019

By Delia Mustikasari - Minggu, 12 Mei 2019 | 17:00 WIB
Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow saat menjalani laga melawan Do Tuan Duc/Pham Nhu Thao (Vietnam) pada babak kesatu Malaysia Open 2019 di Axiata Arena, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (2/4/2019). (BADMINTON INDONESIA)

BOLASPORT.COM - Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow menjadi salah satu pasangan ganda campuran Indonesia yang masuk dalam tim Piala Sudirman 2019 yang akan berlangsung 19-26 Mei di Nanning, China.

Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow bergabung dengan pasangan ganda campuran lainnya yakni Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Pelatih kepala ganda campuran nasional Indonesia, Richard Mainaky, mengatakan bahwa masuknya Tontowi/Winny dalam tim karena ada beberapa hal yang dipertimbangkan.

"Terpilihnya Tontowi/Winny sudah menjadi keputusan tim bersama. Kami butuh sosok Owi (sapaan akrab Tontowi Ahmad," kata Richard ditemui BolaSport.com di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/5/2019).

"Yang jelas ketika musuh melihat dengan ada tiga pasangan yang dibawa Indonesia, mereka akan bingung siapa pemain yang diturunkan dan itu menjadi keuntungan kami," ujar Richard.

Richard mengatakan bahwa dia juga mempertimbangkan masuknya Tontowi/Winny untuk memberi kesempatan mereka bisa tampil pada turnamen yang lebih tinggi.

Tontowi/Winny bertandem sejak Februari 2019 setelah pasangan Tontowi sebelumnya, Liliyana Natsir memutuskan pensiun tepatnya pasca Indonesia Masters 2019.

Baca Juga : Jelang Piala Sudirman 2019, Pelatih Yakin Marcus/Kevin Tak Hilang Motivasi

Tontowi/Winny menunjukkan tren positif sejak dipasangkan Februari 2019. Mereka sudah mengikuti enam turnamen dengan rata-rata mencapai perempat final.