PT LIB Janji Wasit Liga 1 2019 Akan Terhindar dari Pengaturan Skor

By Mochamad Hary Prasetya - Senin, 13 Mei 2019 | 21:05 WIB
Para pemain Bhayangkara FC melakukan protes keras kepada wasit saat laga melawan PSM Makassar (Media Bhayangkara FC)

BOLASPORT.COM - Direktur Interim PT Liga Indonesia Baru (LIB), Dirk Soplanit, berjanji bahwa wasit-wasit yang bertugas di Liga 1 2019 tidak akan ikut dalam praktik pengaturan skor.

Salah satu caranya itu adalah PSSI menjalin kerja sama dengan FA Inggris untuk membuat Badan Independen Wasit yang nantinya bertugas mengelola wasit-wasit di Liga 1 2019.

Cara tersebut dinilai efektif untuk membuat wasit-wasit takut untuk ambil bagian dalam pekerjaan kotor itu.

Badan independen itu juga tidak bakal bersentuhan dengan PSSI, PT LIB, dan pihak klub karena akan dikelola oleh orang-orang profesional.

“Paling tidak langkah tersebut adalah upaya. Jadi kalo selama ini wasit diatur dan ditugaskan PSSI, kali ini PSSI dan LIB tidak ikut campur. Semua dikelola badan independen," kata Dirk Soplanit di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2019).

"Ini yang kami harapkan, upaya yang dilakukan minimal ada pertanggungjawaban kami terhadap berbagai sorotan. Daripada kami ulang seperti yang lalu, ini sebuah hal yang harus kami lakukan," ucap Dirk Soplanit menambahkan.

Baca Juga : Dua Gelar Domestik Tak Bisa Sembuhkan Luka Barcelona dari Liverpool

Dirk Soplanit melanjutkan, PT LIB sudah menyiapkan konsekuensi bila nantinya ada tindakan pengaturan skor yang melibatkan wasit.

MUHAMMAD ROBBANI/BOLASPORT.COM
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Dirk Soplanit menjawab pertanyaan wartawan di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5/2019).