Kailani Johnson Jadi Peselancar Putri Indonesia Pertama yang Lolos Ke Liga Selancar Dunia

By Agung Kurniawan - Selasa, 14 Mei 2019 | 23:30 WIB
Peselancar wanita asal Indonesia, Kailani Johnson (twitter.com/wsl)

BOLASPORT.COM - Catatan gemilang ditorehkan Kailani Johnson seiring dengan keberhasilannya menjadi peselancar putri Indonesia pertama yang lolos ke Liga Selancar Dunia (World Surf League/WSL).

Prestasi tersebut didapat Kailani Johnson seusai memperoleh wild card untuk mengikuti ajang kejuaraan selancar dunia bertajuk Corona Bali Protected.

Keikutsertaan Kailani pada ajang tersebut menjadi debutnya di tingkat elite sekaligus membuat sejarah dengan menjadi peselancar wanita Indonesia pertama yang berkompetisi pada Championship Tour.

Sebelumnya, Kailani Johnson pernah mengikuti ajang Krui Pro dan berhasil finis di urutan kesembilan.

Hasil tersebut memberikan kesempatan bagi Kailani untuk menerima wild card karena menjadi peselancar Indonesia dengan peringkat tertinggi yang bersaing dalam 2019 Qualifying Series.

Kailani Johnson dikenal sebagai peselancar goofyfoot dan terbiasa berselancar dengan menggunakan teknik backhand.

Teknik tersebut  akan digunakan Kailani dalam menghadapi juara dunia Stephani Gilmore dan Nikki Van Dijk pada babak pertama WSL.

Perwakilan penyelenggara Liga Selancar Dunia (WSL), Jessi Miley-Dyer, memberikan komentar positif terkait keiutsertaan Kailani Johnson.

"Hal ini merupakan suatu hal yang penting untuk mendukung komunitas perempuan lokal," kata Jessi Miley-Dyer yang dilansir BolaSport.com dari Kompas.com.