Sejarah Hari Ini - Voli Ikonis Zidane Berujung Trofi Liga Champions ke-9 Real Madrid

By Ahmad Tsalis - Rabu, 15 Mei 2019 | 20:50 WIB
Zinedine Zidane mencetak gol tendangan voli untuk Real Madrid pada final Liga Champions musim 2001-2002 melawan Bayer Leverkusen di Hampden Park, Skotlandia, 15 Mei 2002. (TWITTER.COM/BLEACHERREPORT)

BOLASPORT.COM - Sejarah Hari ini diwarnai dengan tembakan voli ikonis Zinedine Zidane pada final Liga Champions musim 2001-2002 antara Bayer Leverkusen dan Real Madrid.

Transfer Zinedine Zidane dari Juventus menuju Real Madrid pada musim panas 2001 menandai era Los Galacticos jilid pertama.

Kala itu, biaya senilai 77,5 juta euro (sekitar Rp1,25 triliun) yang dikeluarkan Real Madrid kepada Juventus membuat Zinedine Zidane memecahkan rekor transfer dunia.

Zinedine Zidane pun melengkapi skuat Real Madrid yang pada musim sebelumnya berhasil mendatangkan nama-nama pemain bintang seperti Luis Figo, Claude Makelele, dan Santiago Solari.

Tak dinyana, gelandang serang asal Prancis itu mampu memberi dampak kentara buat Madrid pada musim pertamanya bergabung.

Baca Juga: Perintah Petinggi Real Madrid Diabaikan Zidane agar Sang Anak Naik Posisi

Tepat pada 15 Mei 2002, alias 17 tahun silam, Zidane sukses mengantarkan El Real merengkuh trofi kesembilan Piala/Liga Champions.

Trofi si Kuping Besar pada musim 2001-2002 itu dipastikan mendarat ke Santiago Bernabeu setelah Real Madrid mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 2-1 di Hampden Park, Skotlandia.

Unggul cepat lewat gol Raul Gonzales (menit kesembilan), El Real kebobolan sundulan Lucio lima menit berselang.