Sempat Raih Penghargaan AFC, Liga Filipina 2019 Baru Digelar Akhir Mei

By Bagaskara Setyana Adhie Perkasa - Jumat, 17 Mei 2019 | 22:22 WIB
Pemain Ceres Negros FC merayakan kemenangannya melawan Persija Jakarta pada laga penyisihan Grup G AFC CUP di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (23/4/2019) dalam laga tersebut persija harus mengakui kekalahannya melawan Ceres dengan skor 2-3. (Warta Kota/Feri Setiawan)

BOLASPORT.COM - Kompetisi Liga Filipina (PFL) akhirnya sudah memutuskan tanggal penggelaran ulang untuk musim 2019.

Liga Filipina musim 2019 menuai polemik setelah dibatalkan tengah jalan.

Sejatinya, Liga Filipina 2019 bergulir pada 26 April 2019. Namun, Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) membatalkan kontrak dengan operator baru liga sehari setelah pembukaan kompetisi.

Pembatalan tersebut dilakukan karena operator dinilai tak bisa mendapatkan sponsor pasti dan juga mengizinkan klub Mendiola FC dan Philippines Air Forces Club yang tak berlisensi untuk berpartisipasi di liga.

Setelah melewati proses panjang, PFF pada akhirnya memutuskan untuk memberikan lisensi sementara kepada Mendiola FC dan Philippines Air Forces Club.

Baca Juga: PT LIB Ancam Akan Ada Hukuman Berat bagi Suporter jika Berbuat Rusuh

Seperti dikutip BolaSport.com dari Inquirer.net, Sekjen PFF Ed Gastanes mengatakan Mendiola dan Air Force diberikan lisensi sementara oleh federasi, seperti Green Archers United.

Keduanya akan bergabung dengan klub Ceres Negros, Kaya FC-Iloilo, Global dan Stallion Laguna musim ini.

Alhasil, kompetisi Liga Filipina musim 2019 akan diikuti oleh tujuh klub: Ceres Negros, Kaya FC-Iloilo, Global Makati, Stallion Laguna, Green Archers United, Mendiola FC, dan Philippines Air Forces Club.