Siasat Berbau Takhayul Zidane Saat Pra-musim agar Real Madrid Juara

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 18 Mei 2019 | 18:00 WIB
Reaksi pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (TWITTER.COM/ENGLISH_AS)

BOLASPORT.COM - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, tampaknya percaya dengan hal-hal yang berbau keberuntungan dalam mempersiapkan timnya.

Tidak banyak pelaku sepak bola yang mengaku percaya takhayul, tetapi sering ditemui pesepak bola yang punya semacam ritual wajib sebelum bertanding.

Ada ritual yang terbilang wajar seperti kebiasaan Luis Suarez mencium tato bertuliskan nama anak-anaknya di pergelangan tangannya.

Ada pula ritual aneh seperti milik pesepak bola legendaris Inggris, Paul Gascoigne, yang mengaku memegang kemaluan rekan setimnya, Les Ferdinand, sebelum berlaga.

Baca Juga: Kisah Bek Tottenham Dicurigai Orang Gila Saat Negosiasi Transfer

Apapun kebiasaan yang dijalani tersebut, pangkalnya hampir selalu sama. Yakni, lakukanlah hal spesifik seperti apa yang diperbuat saat mencapai kesuksesan sebelumnya.

"Saya sangat percaya hal takhayul," kata John Terry yang selalu menggunakan urinoar yang sama di toilet Stadion Stamford Bridge.

"Jika saya memenangi sebuah pertandingan maka saya akan menambah daftar ritual saya," sambung pemain yang pernah memakai shin pads yang sama selama 10 tahun.

Baca Juga: Tugas Antoine Griezmann di Barcelona, 'Cari Muka' di Depan Fan