Presiden Joko Widodo Dorong ITDC Juga Gelar Balapan F1 di Mandalika

By Agung Kurniawan - Rabu, 22 Mei 2019 | 19:30 WIB
Presiden RI, Joko Widodo menerima CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di Istana kepresidenan Bogor, Jawa Barat (11/3/2019) (twitter.com/MotoGP)

BOLASPORT.COM - Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, mengatakan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berharap Indonesia juga dapat menggelar ajang balap Formula 1 (F1).

Saat ini, Indonesia sudah dipastikan mengantongi jadwal penyelenggaraan balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, mulai musim 2021.

Kini, ITDC pun didorong untuk menggelar ajang balap F1 di tempat yang sama.

Keinginan tersebut diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo dengan tujuan agar sport tourism di Indonesia semakin kuat.

"Beliau menyampaikan bahwa F1 ini patut kita jajaki untuk diselenggarakan dalam rangka country branding Indonesia juga dalam memperkuat sport tourism di Indonesia selain MotoGP," ucap Abdulbar yang dilansir BolaSport.com dari Antara News.

Mengenai kesiapannya, Abdulbar menegaskan bahwa pihaknya mendukung kejuaraan balap F1 suatu hari nanti juga bisa diselenggarakan di Lombok.

Pernyataan tersebut turut mengundang komentar Ketua Umum Olimpiade Indonesia, Erick Thohir, yang menemui Presiden Joko Widodo, Rabu (22/5/2019).

Erick menilai ada kesempatan yang tidak hanya datang dari penyelenggaraan tetapi juga dalam hal investasi paraiwisata bagi Indonesia di masa depan.

"Kami melihat kesempatan ini tidak hanya kesempatan sebagai penyelenggara saja, tapi juga bagaimana dikaitkan dengan investasi ke depan, investasi tourism," ucap Erick.