MotoGP Belanda 2019 - Valentino Rossi Mengaku Bingung dengan Hasil Kualifikasi

By Delia Mustikasari - Minggu, 30 Juni 2019 | 14:45 WIB
Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, berada di garasi pada hari kedua seri balap MotoGP Belanda di Sirkuit Assen. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengaku bingung menjelaskan kesulitannya pada sesi kualifikasi MotoGP Belanda 2019 di Sirkuit Assen, Sabtu (29/6/2019).

Valentino Rossi berada di urutan ke-14 pada sesi kualifikasi. Sementara itu, rekan satu timnya, Maverick Vinales menempati posisi kedua setelah Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang meraih pole position.

Valentino Rossi sebenarnya berhasil mencetak waktu tercepat mendekati detik terakhir latihan bebas ketiga (FP3) untuk langsung lolos ke kualifikasi kedua (Q2) MotoGP Belanda.

Valentino Rossi berhasil menembus lima besar hasil kombinasi latihan bebas pertama hingga ketiga.

Namun, catatan waktu itu dibatalkan karena Rossi melakukan pelanggaran exceeding track limit.

"Pagi ini saya tidak begitu buruk. Saya bisa membuat putaran yang sangat baik untuk lolos Q2. Tetapi, saya menyentuh pintu keluar chicane terakhir dan race direction membatalkan catatan waktu tersebut," kata Rossi seperti dilansir BolaSport.com dari Crash.

Pembalap berusia 40 tahun tersebut melewati batas sirkuit di sisi paling luar kerb (pembatas sirkuit dengan warna-warni).

Valentino Rossi menabrak bagian luar kerb di tikungan terakhir jelang garis finis setelah bagian ban belakang motornya keluar dari batas luar kerb.

Baca Juga: Link Live Streaming MotoGP Belanda 2019 - Menanti Kemenangan Fabio Quartararo dan Kebangkitan Valentino Rossi