Sejarah Hari Ini - Kiper Kesukaan Sir Alex Ferguson Kesasar ke Fulham

By Ahmad Tsalis - Kamis, 1 Agustus 2019 | 18:05 WIB
Kiper Legendaris Manchester United, Edwin van der Sar, jadi salah satu penjaga gawang favorit Sir Alex Ferguson bersama Peter Schmeichel. (TWITTER.COM/SQUAWKA)

BOLASPORT.COM - Sejarah hari ini diwarnai dengan kepindahan kiper legendaris Edwin van der Sar ke klub Liga Inggris, Fulham.

Badan Pencatat Statistik dan Sejarah Sepak Bola, IFFHS, memasukkan nama legenda Manchester United, Edwin van der Sar, ke urutan tiga kiper terbaik dunia pada selang 1987-2012.

Gelimang 27 gelar juara di level klub jadi faktor mengapa Edwin van der Sar layak dikategorikan sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Namun, sebelum kisah indah bersama Manchester United terajut, Edwin van der Sar ternyata pernah 'kesasar' ke klub medioker Liga Inggris, Fulham.

Baca Juga: Maguire Desak Petinggi Leicester City Terima Tawaran Man United

Fenomena itu terjadi pada 1 Agustus 2001 atau tepat 18 tahun silam.

Kenyataan itu cukup aneh buat Edwin van der Sar yang kala itu sudah dilabeli sebagai shot-stopper jempolan.

Sebab, label itu ditahbiskan kepada dirinya dianugerahi gelar kiper terbaik Eropa pada 1995 dan urutan tiga kiper terbaik dunia versi IFFHS pada 1998.

Van der Sar diboyong Fulham dari Juventus dengan nilai transfer awal 7,1 juta poundsterling atau setara 121,2 miliar rupiah.