RD Merasa Berat Tiga Pemain Tira Persikabo Dipanggil Timnas Indonesia

By Muhammad Robbani - Sabtu, 17 Agustus 2019 | 15:40 WIB
Pesepak bola Indonesia Manahati Lestusen melakukan operan pada semi final putaran pertama AFF Suzuki (GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.com)

BOLASPORT.COM - Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan mengaku keberatan dengan pemanggilan tiga pemainnya ke timnas Indonesia lantaran benturan dengan Liga 1 2019.

Tiga pemain Tira Persikabo yakni Angga Saputra, Manahati Lestusen, dan Osas Saha dipanggil pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy.

Ketiga pemain itu bersama 21 pemain lain atau totalnya 24 pemain, akan menjalani pemusatan latihan mulai 21 Agustus 2019 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Masalahnya, pemusatan latihan itu beriringan dengan jadwal kompetisi Liga 1 yang tetap bergulir hingga 1 September sebelum rehat pada FIFA Matchday pada 2-10 September 2019.

"Tentu yang bisa kami lakukan adalah berdiskusi untuk sebijak mungkin menyikapi hal ini," kata Rahmad Darmawan.

Baca Juga: Niatan Awal Naturalisasi Osas Saha Bukan untuk Masuk Timnas Indonesia

"Kalau memang dimungkinkan pemain kami bermain, kami minta untuk bisa bermain dulu (di Liga 1, kemudian baru ke timnas). Kalau tidak, kami mau bilang apa," ujarnya menambahkan.

Pelatih asal Lampung itu mengaku selalu terganggu dengan permasalahan seperti ini pada klub-klub yang dia latih sebelumnya.

Lantaran hal ini sudah menjadi masalah klasik sepak bola Indonesia yang selalu sama pada setiap tahunnya.