F1 Tes Mobil untuk 2021, Janjikan Balapan yang Tak Lagi Bikin Ngantuk

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 23 Agustus 2019 | 19:20 WIB
Penampakan tes aerodinamika terhadap prototipe mobil F1 untuk musim 2021. (DOK. F1)

BOLASPORT.COM - Formula 1 (F1) dan FIA telah melakukan tes terhadap rancangan mobil balap untuk musim 2021. Hasilnya, potensi balapan yang lebih seru.

Ujicoba memakai terowongan angin (wind tunnel) telah dilakukan Formula 1 bersama FIA untuk melihat efek nyata dari perubahan bentuk mobil balapnya.

F1 memang sedang menggodok konsep mobil balap anyar untuk regulasi baru yang akan mulai diterapkan pada musim 2021 mendatang.

Langkah ini dilakukan untuk menjawab kritik soal balapan yang membosankan akibat minimnya aksi salip menyalip pada ajang balap jet darat tersebut.

Baca Juga: Bos Ferrari Terkejut dengan Debut yang Dijalani Charles Leclerc

Perubahan yang paling kentara adalah bentuk mobil yang lebih sederhana, minim komponen ekstra pada kedua sayap, serta ban berdiameter 18 inchi yang lebih besar.

Bentuk sidepod juga menjadi lebih melengkung, kemudian bagian bawah (floor) dirancang sedemikian rupa untuk menutup lubang aerodinamika dari komponen yang dihilangkan.

Setelah simulasi aerodinamika menggunakan CFD (Computational Fluid Dynamics) menunjukkan hasil positif, F1 melakukan uji lanjutan memakai terowongan angin.

Tes itu dilakukan sebelum seri balap F1 GP Jerman pada bulan Juli lalu di fasilitas terowongan angin milik Sauber menggunakan model mobil berskala 1:2.