Mengenal Carbon Swingarm, Onderdil Pesanan Rossi yang Akhirnya Dikabulkan Yamaha

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 29 Agustus 2019 | 06:20 WIB
Valentino Rossi (DOK. YAMAHA MOTOGP)

BOLASPORT.COM - Valentino Rossi antusias untuk menjajal carbon swingarms yang sudah berkali-kali dimintanya dari Yamaha. Lantas, apa carbon swingarms itu?

Optimisme terlihat dari pernyataan Valentino Rossi saat ditanya soal rencana tim Monster Energy Yamaha pada tes MotoGP di Sirkuit Misano pekan ini.

Pasalnya, Valentino Rossi menyebut bahwa Yamaha—akhirnya—mengerjakan perbaikan-perbaikan yang sejak lama dia inginkan.

"Yamaha mulai bekerja untuk hal-hal yang benar, dengan akselerasi dan elektronik agar lebih mudah mengatur ban belakang," ujar Rossi, dilansir BolaSport.com dari Motorsport.

Baca Juga: Bos Ducati: Tanpa Marquez, Dovizioso Akan Menjadi Juara Dunia

"Ini sesuatu yang sudah saya minta sejak dua setengah tahun terakhir. Mungkin kami bisa membuat kemajuan agar lebih kompetitif pada akhir tahun ini dan tahun depan."

Salah satu komponen baru yang akan dijajal Rossi dalam tes nanti carbon fibre swingarm, atau swingarm berbahan serat karbon.

Carbon swingarm memang menjadi primadona di antara tim-tim pabrikan MotoGP. Tercatat, 4 dari 6 pabrikan telah beralih dari bahan alumunium yang konvensional ke serat karbon.

Umumnya, carbon swingarm digunakan oleh pabrikan yang memiliki motor dengan konfigurasi mesin V4 seperti Ducati, Honda, Aprilia, dan terbaru adalah KTM.