Hari Maritim Nasional di Mata Atlet ONE Championship Indonesia

By Septian Tambunan - Rabu, 4 September 2019 | 07:30 WIB
Atlet ONE Championship asal Indonesia, Rudy Agustian. (ONE CHAMPIONSHIP)

BOLASPORT.COM - Hari Maritim Nasional dirayakan di Indonesia setiap tanggal 21 Agustus untuk memperingati sebuah peristiwa bersejarah.

Empat hari setelah memproklamasikan kemerdekaan pada tahun 1945, armada laut Indonesia dengan persenjataan yang seadanya berhasil mengalahkan pasukan laut tentara Jepang.

Kemenangan ini yang kemudian menjadi tonggak awal penetapan peringatan Hari Maritim Nasional.

Nusantara memang telah lama dikenal sebagai kekuatan maritim yang disegani.

Sejarah kemaritiman Nusantara sudah berawal sejak abad ke-9, di mana Kerajaan Sriwijaya, yang mulai meningkatkan aspek keamanan negeri, juga mengembangkan aspek kelautan besar-besaran untuk perdagangan dengan India dan China.

Dua atlet ONE Championship kebanggaan Indonesia, Anthony "The Archangel" Engelen, dari divisi featherweight dan Rudy "The Golden Boy" Agustian dari divisi flyweight, berbagi pengalaman terkait laut Indonesia, serta perspektif tentang aspek maritim untuk keamanan negara.

Anthony mengaku mengurangi kegiatan di laut setelah sebuah peristiwa yang menyebabkan trauma padanya.

ONE CHAMPIONSHIP
Atlet ONE Championship asal Indonesia, Anthony Engelen (kanan), melepaskan pukulan ke arah petarung China, Chen Lei, dalam ajang ONE: Legendary Quest di Shanghai, China.

"Sejak saya mengalami kerusakan permanen di gendang telinga akibat insiden menyelam semasa kecil, saya jarang ke laut lagi," kata Anthony Engelen seperti dilansir BolaSport.com dari ONE Championship.