FIFA Beri Warning Kick-off Telat Timnas Indonesia Vs Thailand

By Muhammad Robbani - Kamis, 10 Oktober 2019 | 06:45 WIB
Pemain Timnas Indonesia Stefano Lilipaly berebut bola dengan pemain Timnas Thailand pada ajang kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2019 (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN )

BOLASPORT.COM - FIFA tak hanya menyoroti satu pelanggaran terkait babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang melibatkan timnas Indonesia.

FIFA baru saja menjatuhkan denda sebesar Rp 643 juta atas kericuhan suporter yang terjadi pada laga kandang timnas Indonesia Vs timnas Malaysia.

Saat itu laga sempat terhenti karena ulah oknum suporter timnas Indonesia yang berupaya menyerang suporter timnas Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 5 September 2019.

Komite Disiplin FIFA dalam keputusan terbarunya yang dipublikasikan pada 9 Oktober 2019 juga menyoroti laga timnas Indonesia kontra timnas Thailand.

Di sana ada sembilan pelanggaran yang terjadi sepanjang Kualifikasi Piala Dunia dari berbagai zona pada matchday pada 2-10 September lalu.

Dua dari sembilan pelanggaran itu melibatkan PSSI/timnas Indonesia yang terjadi pada laga kontra timnas Malaysia dan timnas Thailand.

FIFA menyoroti terlambatnya waktu kick-off pertandingan tersebut sebagai bentuk pelanggaran oleh penyelenggara pertandingan yang dalam hal ini adalah PSSI.

Baca Juga: Buntut Kisruh Timnas Indonesia Vs Malaysia, FIFA Beri Sanksi ke PSSI

Federasi sepak bola dunia itu merujuk FIFA Disciplinary Code (FDC) artikel 12 yang mengatur tentang pelanggaran oleh pemain dan ofisial pertandingan.