Zainudin Amali Tegaskan Bahwa Menpora Tidak Bisa Bekerja Sendiri

By Lariza Oky Adisty - Kamis, 24 Oktober 2019 | 14:35 WIB
Menpora RI Zainudin Amali (tengah, kemeja putih), saat menemui awak media seusai melakukan serah terima jabatan dari Plt Menpora Hanif Dhakiri di Auditorium Kemenpora RI, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10/2019). (LARIZA OKY ADISTY/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju, Zainudin Amali, resmi menandatangani surat serah terima jabatan alias sertijab di Auditorium Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Senayan, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Surat sertijab tersebut diberikan kepada Zainudin Amali oleh Plt Menpora, Muhammad Hanif Dhakiri.

Dalam pidatonya seusai melakukan sertijab, Zainudin mengaku sadar banyak pihak yang mempertanyakan alasan di balik terpilihnya dia sebagai Menpora RI periode 2019-2024.

Baca Juga: 'Disalip' Brad Binder, Miguel Oliveira Mengaku Kecewa dengan KTM

"Waktu diminta Presiden Jokowi, saya menyatakan siap menjabat. Namun, di saat yang sama saya juga bertanya apakah saya bisa. Saya yakin saya bukan satu-satunya yang bertanya demikian," kata Zainudin.

"Hanya saja saya punya keyakinan kalau semua dikerjakan bersama-sama, Insya Allah bisa berhasil. Saya punya optimisme bisa membawa dunia olahraga kita lebih baik," ucap dia melanjutkan.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut juga menyinggung pesan yang diberikan kepada Presiden RI Joko Widodo saat menunjuk dia sebagai Menpora RI.

"Pesan utama beliau ialah segera memperbaiki tata kelola, baik di internal maupun induk organisasi," kata Zainudin.

"Selain itu beliau meminta tolong membenahi soal sepak bola. Artinya ini kami harus segera fokus ke sepak bola dan cabang-cabang lain untuk ajang seperti Olimpiade, Asian Games, dan SEA Games," tutur dia melanjutkan.