CdM SEA Games: Kontingen Indonesia Tak Perlu Khawatir Soal Isu Polio

By Lariza Oky Adisty - Rabu, 30 Oktober 2019 | 13:05 WIB
CdM SEA Games 2019, Harry Warga Negara (keempat dari kiri), berpose di hadapan Kedutaan Besar Filipina. (Dok. ISTIMEWA)

BOLASPORT.COM - Chief de Mission tim Indonesia untuk SEA Games 2019, Harry Warga Negara, meminta para kontingen tidak khawatir dengan mencuatnya isu penyebaran virus polio di Filipina yang menjadi tuan rumah pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Dikutip BolaSport.com dari rilis resmi tim media SEA Games Indonesia, Harry menyebut titik penyebaran virus polio letaknya sangat jauh dari tempat penyelenggaraan SEA Games 2019.

"Isu virus polio memang ada, tetapi terjadinya di wilayah selatan Filipina dan pemerintah setempat sudah mengantisipasi. Saya pastikan atlet kita akan tetap aman," ujar Harry.

Informasi dari situs WHO menyebutkan penyebaran virus polio di Filipina pertama kali dilaporkan pada 14 September 2019 yang dialami balita berusia tiga tahun dari Lanao del Sur, Filipina bagian Selatan.

Hingga 28 Oktober 2019, Kementerian Kesehatan Filipina sudah mengonfirmasi ada tiga kasus yang terjadi.

Di luar isu polio, Harry Warga Negara juga memastikan beberapa aspek lain dalam kunjungannya ke Manila, Selasa (29/10/2019).

Salah satunya adalah ketersediaan makanan halal untuk atlet Indonesia selama berlaga di Filipina nanti.

Baca Juga: Demi Kelanggengan Karier, Federer Pilih Absen pada Paris Masters 2019

"Makanan untuk atlet Indonesia aman karena panitia sudah menyiapkan makanan halal. Jadi tidak akan ada masalah," kata dia melanjutkan.