Caketum PSSI Sarankan PSSI dan Timnas Indonesia Tinggalkan AFF

By Muhammad Robbani - Rabu, 30 Oktober 2019 | 20:20 WIB
Calon Ketua Umum PSSI, Sarman El Hakim, memaparkan visi misi pada debat terbuka jelang pemilihan Ketua Umum PSSI 2016-2020 di Hall SCTV Tower, Jakarta, Selasa (4/10/2016). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

BOLASPORT.COM - Salah satu Calon Ketua Umum (Caketum) PSSI, Sarman El Hakim punya ide berbeda soal posisi PSSI dan timnas Indonesia sebagai anggota AFF baik secara organisasi dan turnamen.

Sarman menilai bahwa keanggotaan PSSI dan timnas Indonesia sebagai anggota/peserta AFF adalah sesuatu yang sia-sia dan perlu ditinggalkan.

Dia mengklaim bahwa PSSI dan timnas Indonesia perlu fokus ke agenda atau kejuaraan-kejuaraan yang lebih prestisius.

Bukan karena frustrasi timnas Indonesia tak pernah juara Piala AFF, melainkan dinilainya sebagai kesia-siaan belaka.

Hal itu dilontarkan Sarman dalam acara "Mencari Ketua PSSI yang Ideal" di Aula Wisma Karsa Pemuda, Gedung Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Rabu (30/10/2019).

"Sekarang begini, AFF bagian dari FIFA nggak? Kenapa kita selalu ikut AFF? Kemarin Brunei nggak ikut (Piala AFF 2018), beberapa negara juga nggak ikut," kata Sarman kepada wartawan.

"Biasa saja sebetulnya, kalau Indonesia tidak ikut AFF sekali saja, bisa bubar. Sejarah AFF dari mana?" ujarnya menambahkan.

"Jadi, waktu zaman Kardono (Ketum PSSI 1983-1991), ada bir Singapura yang butuh promosi jadilah Tiger Cup (nama lama Piala AFF)," katanya lagi.

Baca Juga: Eks Manajer Timnas Indonesia Siap Buat Perubahan di PSSI