Kalahkan Juara Bertahan, Ashleigh Barty Jadi Kampiun WTA Finals 2019

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 3 November 2019 | 21:12 WIB
Petenis tunggal putri Australia, Ashleigh Barty, melakukan selebrasi setelah memenangi poin pada pertandingan turnamen Grand Slam French Open 2019 di Roland Garros, Paris, Prancis. (WTA TENNIS)

BOLASPORT.COM - Petenis tunggal putri nomor satu dunia, Ashleigh Barty, tampil sebagai kampiun WTA Finals 2019 setelah mengalahkan juara bertahan, Elina Svitolina, pada laga final.

Ashleigh Barty yang berasal dari Australia meraih gelar juara WTA Finals 2019 berkat kemenangan straight game, 6-4, 6-3, di Shenzhen, China, Minggu (3/11/2019).

Tak hanya menghasilkan trofi turnamen elite akhir tahun, hasil tersebut juga merevisi catatan pertemuan Barty dengan Svitolina menjadi 1-5.

Sebelumnya, Barty tak pernah bisa mengatasi permainan tenis Svitolina yang berasal dari Ukraina.

Baca Juga: Rekan Setim Kenang Afridza Munandar dengan Podium Asia Talent Cup 2019

Kini, Barty dipastikan bakal menyudahi kalender kompetisi 2019 dengan status pemain nomor 1 dunia plus uang hadiah turnamen terbesar sepanjang tahun ini.

"Tahun ini merupakan tahun yang menakjubkan. Malam ini adalah malam pembuktian dan berjuang sampai akhir. Saya sangat bangga," tutur Barty kepada BT Sport, dilansir BolaSport.com dari BBC.

"Lapangan di sini berkarakter pelan, jadi saya harus mengambil kesempatan dan berganti posisi lebih sering. Saya harus melakukanya meskipun itu berarti saya membuat beberapa error," ucap petenis berusia 23 tahun itu.

Baca Juga: Jadi Runner-up MotoGP Malaysia 2019, Marquez Ukir Sejumlah Rekor Baru

"Saya bangga dengan diri saya sendiri dan tim. Kami mencoba menempatkan diri kami di dalam situasi turnamen terbesar dan kami mampu melakukannya," kata Barty lagi.